Senin, 06 Desember 2010

Alfred Riedl Lakukan Perubahan Komposisi Pemain Saat Lawan Thailand



gogonzalaes.jpg Timnas Indonesia akan menjalani laga terakhir Grup A AFF Suzuki Cup 2010 menghadapi Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/12). Apapun hasil pertandingan ini tidak akan mengubah posisi Irfan Bachdim dkk sebagai pemuncak grup A.

Meski sudah tidak lagi menentukan, para pemain tetap akan bermain serius menghadapi Thailand. Seperti ditegaskan oleh pelatih Alfred Riedl, timnas tak inign mengecewakan puluhan ribu suporternya yang sengaja datang langsung ke stadion untuk mendukung mereka.

“ Kami akan melakukan perubahan dalam komposisi pemain sekitar 30 persen. Target kami adalah tetap menampilkan permainan yang bagus dan memenangkan pertandingan. Kami disini bukan untuk berlibur dan harus memberikan yang terbaik,” kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih timnas Indonesia.

Perubahan itu juga terkait dengan kondisi beberapa pemain yang kurang fit seperti Hamka Hamzah dan Yesaya Desnam. Selain itu juga menjaga pemain dari hukuman akumulasi kartu kuning saat semi final nanti. Hingga dua pertandingan, ada dua pemain Indonesia yang telah terkena kartu kuning, yakni Ahmad Bustomi dan Firman Utina.

Lebih lanjut, Wolfgang Pikal memprediksikan Thailand akan bermain menyerang total. Pasalnya mereka membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke semi final. Kondisi ini tidak lantas membuat Indonesia takut.

“ Dengan permainan menyerang yang ditunjukkan Thailand, saya harap akan memberikan ruang kosong pada pertahanan mereka. Sektor itulah yang harus kita manfaatkan dengan maksimal,” ungkap Wolfgang.

Yang jelas, para tim pelatih Indonesia meminta pemainnya untuk tetap waspada terhadap Thailand yang punya rekor bagus jika bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Ada empat pemain yang menjadi pusat perhatian.

“ Kita mewaspadai playmaker tim Thonglao Datsakorn, pencetak dua gol Sarayoot Chaikamdee, Striker berpengalaman Teerasil Dangda dan Suree Sukha yang sangat cepat da sering mengirimkan umpan crossing yang berbahaya,” papar Wolfgang.

Di sisi lain, pelatih Thailand, Bobby Robson meyakini pemainnya bisa mengatasi berbagai tekanan di lapangan saat menghadapi tuan rumah Indonesia. “ Thailand dihuni oleh skuad yang sangat berpengalaman. Mereka sudah terbiasa tampil di stadion besar yang dipenuhi penonton. Mereka pasti bisa mengatasi tekanan apapun,” kata Robson dengan yakin.

Selain faktor pengalaman pemainnya, mantan bintang Manchester United ini juga menyatakan Thailand selalu beruntung jika tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno. “ Ini boleh dibilang sebagai stadion keberuntungan bagi Thailand. Di luar itu, jika para pemain percaya diri dengan kemampuan mereka, kemenangan pada laga lawan Indonesia pasti bisa diraih,” tegas Robson.

Mantan pelatin Middlesbrough ini juga tidak menganggap Indonesia yang kemungkinan tampil dengan pemain pelapis sebagai keuntungan. Ia justru berpikir sebaliknya. Para pemain cadangan itu memiliki tenaga yang masih fresh dan punya motivasi tinggi untuk membuktikan kualitasnya kepada pelatih maupun fans.

Pertandingan antara Indonesia melawan Thailand ini akan mulai berlangsung pada pukul 19:30 WIB. Di saat yang bersamaan, timnas Malaysia juga bertanding melawan Laos di Stadion Jakabaring, Palembang. (asp.
from: persatuan sepak bola indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...